Rabu, 05 Januari 2011

Analisa Situs www.ebay.com

Penelitian Situs www.ebay.com ini dilakukan utuk memenuhi tugas kampus. Kali ini saya mengamati salah satu situs yang lumayan terkenal, yaitu www.id.ebay.com .


1. Accessibility Terkait dengan bahasa yang disediakan oleh situs ebay ini, situs ini menjadikan user atau sipengguna menjadi lebih mudah paham dan mengerti akan isi dan maksud - maksud yang ada didalam situs ini.
2. Esthetically Pleasing
Untuk tampilan menu tidak begitu rumit untuk di lihat, melainkan sederhana. Untuk keindahan menu, menurut saya simpel dan mudah dimengerti.
3. Availability
Website ebay ini jika dilihat  dari segi availability sudah memenuhi. Hal ini dapat dilihat dari tampilan utamanya yang menyediakan banyak menu sehingga tidak perlu mencari lagi ke halaman yang lainnya. Ditengah kita bisa melihat berbagai link menu yang cukup lengkap.
4. Clarity
website ini sudah cukup jelas menurut saya. Terlihat dari penempatan menu yang jelas dan sesuai dengan fungsionlaitas yang diberikan. Selain itu terdapat pula notice atau penjelasan pada beberapa fungsionalitas yang disediakan di samping ataupun menu yang terdapat di situs ebay.
5. Compatibility     Website ini bisa dikatakan compatible, karena web ebay bisa di buka di beberapa situs browser berbeda. Selain mozila, crome, opera , internet explorer dll     6. Configurability    Dari segi configurability, web ebay konstan dan tidak bisa di ubah-ubah ataupun personalisasikan oleh user.     7. Consistency     dilihat di beberapa halaman situs ebay, menurut saya situs ini tidak begitu konsisten dalam tampilan beberapa halaman. tetapi situs ini konsisten dalam penempatan menu di tiap halaman. Situs ini terlihat tidak konsisten di tampilan iklan atau keterangan yang di pasang di bawah situs.
8. Control
Untuk kontrol, web ini memiliki kontrol yang cukup baik. Tidak ada tombol yang tidak berfungsi, tetapi ada beberapa menu yang tidak begitu di pahami. contoh :
  
9. Directness
Website ini sudah menerapkan prinsip direcness. Disini saya memiliki contoh disaat kita memilih salah satu produk yang di tawarkan, maka langsung muncul menu pembelian dan jika kita klik maka kita akan melakukan registrasi untuk melakukan pemesanan.
10. Efficiency
Web ebay menurut saya kurang efisien. Dari mulai penempatan menu yang terlalu tersebar dimana-mana sehingga membuat pergerakan mata tidak dapat diminimalisasi dan tidak efisien. Akibatnya orang yang melihatnya menjadi pusing .
11. Familiarity
Dari segi ini, menurut saya ebay merupakan situs yang cukup famuliar. Dari segi logo dan nama, nama ebay merupakan salah satu situs yang terkenal di dunia internet atau dunia web ecommerce.
12. flexibility
Web ini tidak hanya berbahasa inggris, dan ada juga bahasa Indonesia.  Kemudahan bagi yang berbahasa Indonesia untuk bisa mengerti bahasa yang di gunakan.
13. forgiveness
Website ini belum menerapkan prinsip forgiveness. Karena pada saat melakukan pemesanan, user harus registrasi dan tidak ada tombol back pada form itu.
14. Immersion  Website ini sudah mengandung prinsip immersion. Dilihat dari tampilan awal ebay pada saat pertama kali diakses, sudah langsung menampilkan halaman untuk pemesanan, sehingga user dapat langsung memesan barang yang di inginkan oleh konsumen. Barang gampang untuk dipilih.
15. Obviousness  Website ebay  ini sudah bisa dikatakan obvious, karena user dapat dengan mudah mengetahui dan memahami apa yang akan dilakukan pada saat melihat tampilan di web ini.bUser pasti langsung bisa mengerti pa yang harus beliau lakukan.
16. Operability
Web ini tidak hanya berbahasa inggris, jadi user bisa mengerti dengan isinya.
17. Perceptibility
Menurut saya, website ebay sudah memenuhi prinsip perceptibility. Hal ini dikarenakan dengan melihat awal tampilan website, user sudah mengetahui bahwa website tersebut adalah website penjualan.
19. Recovery Website ini sudah dapat recovery jika terjadi keslahan. Misalnya saat User belum memilih barang yang akan di beli maka akan muncul pesan bahwa barang belum dipilih. Kemudian Saat pengisian form user juga di anjurkan untuk mengisinya lengkap tanpa ada yang kosong.
20. Responsiveness Prinsip responsiveness sudah cukup bagus, karena hampir semuatombol berfungsi dengan baik, dan me link ke halaman yang tepat.
21. Safety Dalam website ebay ini sudah menerapkan prinsip safety misalnya pada saat pemesanan barang. Pada registri jika melakukan kesalahan  adanya warning ,ini akan membantu Customer mengetahui bahwa dia telah melakukan kesalahan.
22. Simplicity pada ebay, simplicity terlihat dari link-link saja, sedangkan di pengisian registrasi cukup rumit untuk melakukan pengisian.
23. Transparency  Website ini sudah mengijinkan User untuk focus pada tugas yang ada. Misalnya pada saat memesan barang, User dapat focus pada pemesanan barang tanpa perlu memikirkan hal lain diluar kebutuhan pemesanan barang.
24. Visibility   Website ini sudah menerapkan prinsip visibility. Terlihat dari adanya penunjuk progress langkah-langkah pada saat pemesanan barang. Dan pembelian suatu barang tersebut di ebay.
 25. Trade-offs  Dari analisis beberapa prinsip di atas, prinsip yang perinsip yang menjadi kekurangan adalah di kesulitan registrasi dan banyaknya iklan yang tidak kita mengerti.
 Kekurangan :
  • Untuk melakukan pembelian user di persulit dengan registrasi yang rumit.
  • terdapat penjelasan barang yang tidak kita mengerti
  • tombol seach yang tidak begitu berfungsi
kelebihan:
  • link yang bisa kita klik, akan tertuju pada satu halaman yang kita kehendaki.
  • gampangnya memilih suatu produk yang kita kehendaki.
  • produk sudah di klompokan sesuai dengan jenis produk

1 komentar: